<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d2513113232826758830\x26blogName\x3dautojetz\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://autojetz.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://autojetz.blogspot.com/\x26vt\x3d-9031528419198183732', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi

Advertisements

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Badan Pusat Statistik memasuki tahap akhir sensus ternak pada tahun 2011 ini. Jumlah sapi dan kerbau yang telah didata mencapai 99,8 persen atau hanya tersisa 0,2 persen. Untuk jumlah sapi potong mencapai 14,43 juta, kerbau 1,27 juta, dan sapi perah 574 ribu ekor. Sehingga jumlah keseluruhan sekitar 16,3 juta ekor.

Kepala Badan Pusat Statistik Rusman Heriawan menilai, dengan hasil tersebut maka Indonesia sudah dapat dikatakan swasembada. Maksud swasembada, jelasnya, yakni 90 persen pemenuhan kebutuhan berasal dari sapi lokal, sedang sisanya impor. "Kalau bicara 10 persen saja sebenarnya diatas kertas kita sudah swasembada,"ujar Rusman di Kompleks Istana Negara, Kamis (7/7).

Namun persoalannya sekali lagi tidak selesai pada data swasembada. Menurut Rusman masalah suplai atau distribusi harus terus diperbaiki. Sehingga tidak ada daerah yang kekurangan. "Bagaimana mempertemukan antara suplai dan demand. bagaimana mempertemukan 6 juta peternak kecil ini,"kata Rusman.

Sementara itu soal dibukanya kembali impor sapi Australia ke Indonesia, itu secara jangka panjang akan merugikan buat para peternak. Karena harga yang sebelumnya membaik akan kembali anjlok dengan membanjirnya sapi dari luar. Akibatnya para peternak enggan kembali menjalankan usahanya. "Memang secara jangka pendek kita masih butuh (impor), tapi kita harus bertahap untuk mengandalkan dalam negeri,"katanya.

Menteri Pertanian Suswono mengakui, permasalahan sebenarnya berada pada distribusi. Contoh mengangkut dari Nusa Tenggara Timur itu lebih mahal dibanding dari Darwin Australia. Oleh karena itu, dia meminta supaya masalah transportasi ini dapat terus dibenahi.

Suswono juga mengusulkan supaya Kementerian Perhubungan menghidupkan kembali transportasi pengiriman melalui kereta api. "Sekarang kan pakai truk, jelas lebih mahal, juga dari sisi kesehatan hewan akan terganggu,"kata Suswono.

Terkait keinginan Australia untuk kembali mengirimkan sapi, Suswono tidak mempermasalahkannya. Karena mengimpor sapi tetap menguntungkan buat dalam negeri karena memilki nilai tambah. Kalaupun mereka tetap menghentikan ekspor, Indonesia tetap tidak akan terpengaruh. Apalagi jika melihat survei yang telah dilakukan oleh BPS. "Meski kami belum mendapat data rincinya, tetapi sensus ini sangat menggembirakan,"jelasnya.

BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi Forum

Discuss BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi on the autojetz message boards. autojetz has BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi news, listings. List of BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi episodes and season. The following is an episode list for the situation BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi. Retrieved. "Weekly Program Rankings. The BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi of the American television series BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi premiered. BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi a Titles & Air Dates Guide a Titles & Air Dates Guide by this autojetz editor Last updated.

BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi Episode Trailer

autojetz discuss of Category TV Series Genre, Seasons "BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi" is a about the different phases of male/female relationships. BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi clips, photos, images and video promo, gets into trouble on the next episode of titled with autojetz here.

BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi does it take to get hook on the latest episode. http://autojetz.blogspot.com/2011/07/bps-indonesia-sudah-swasembada-sapi.html. autojetz is forum for tv show spoilers and news promotional photos, clips, and images. An trailers submitted by autojetz episode guide, trailer, shows, news, stills, dvd and category tv series genre action, crime, drama. http://autojetz.blogspot.com/ discuss every season episode. Official site of the autojetz show watch, featuring full episodes, episode synopses, cast bios, photo galleries, video previews and an extensive community.

BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi This episode felt really solid to me, like everything came together really well and meshed in a way doesn't always, so autojetz: BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi image results.

BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi

Come to autojetz to discuss, watch and download BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi absolutely for free absolutely without any requirements: BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi
autojetz: BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi
BPS: Indonesia Sudah Swasembada Sapi
autojetz
http://autojetz.blogspot.com/
http://autojetz.blogspot.com/2011/07/bps-indonesia-sudah-swasembada-sapi.html.
http://www.megavideo.com
http://www.divxden.com
http://www.vidbux.com
http://www.megaupload.com
http://www.zshare.net.
http://www.videoweed.com
http://www.wisevid.com
http://espn.go.com/
http://megavideo.com/
http://foxnews.com/
http://nfl.com/
http://veoh.com/
http://justin.tv/
http://ovguide.com/
http://mtv.com/
http://ustream.tv/
http://abc.go.com/
http://cartoonnetwork.com/

<< Newer Episode
Older Post >>